Pentingnya Mengasuh Anak Oleh Ayah, Orang Tua Wajib Tahu

Pentingnya Mengasuh Anak Oleh Ayah, Orang Tua Wajib Tahu

Pentingnya Mengasuh Anak Oleh Ayah, Orang Tua Wajib Tahu – Anak adalah titipan Tuhan yang paling sempurna, karena dengan kehadiran seorang anak sebuah pernikahan dianggap lebih lengkap. Namun sayangnya, dalam hal mendidik seorang anak lebih banyak dilimpahkan pada sosok ibu. Padahal sebagai seorang ayah, Anda juga harus mengetahui bahwa pentingnya mengasuh anak oleh ayah juga sama seperti peranan seorang ibu.

Dan menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli, bahwa peran ibu untuk perkembangan anak lebih penting bila dibandingkan dengan ayah. Baik itu dari segi perilaku, fisik, ataupun segi psikologis anak. Tapi sayangnya hanya sangat sedikit studi yang membicarakan bahwa pentingnya mengasuh anak oleh ayah yang juga sebenarnya telah ikut berjuang untuk menjadi yang terbaik bagi buah hati mereka.

Bahkan menimbulkan banyak stigma yang muncul bahwa seorang ayah hanya sebagai ‘penumpang’ dalam perjalanan membesarkan anak. Faktanya bila seorang anak diasuh oleh ayah, akan banyak memberikan manfaat, seperti ulasan di bawah ini.

7 Manfaat Pengasuhan Anak Oleh Ayah

Sejumlah riset dan studi yang dilakukan menunjukkan bahwasanya pentingnya mengasuh anak oleh ayah sangat berperan, positif lainnya adalah dapat memberikan kontribusi positif bagi anak dalam kehidupannya kelak. Berikut ini beberapa hal yang akan dimiliki anak bila ayah ikut andil dalam mengasuh bersama ibu.

1.Lebih Percaya Diri

Saat bermain dengan anak, ayah cenderung senang mengajak anak melakukan aktivitas fisik seperti berlari, melompat, melempar, bahkan memanjat. Aktivitas ini dapat membuat anak lebih percaya diri. Ayah akan mendorong ayunan lebih kencang atau menyemangati anak untuk berani meluncur dari tempat yang tinggi. Ketika berhasil melakukannya, sang anak pastinya akan semakin percaya diri.

  1. Lebih Pintar

Anak yang turut dalam pengasuhan ayah sejak dini akan memiliki kemampuan kognitif lebih baik saat anak memasuki usia enam bulan hingga satu tahun. Nilai positif lainnya adalah anak juga akan memiliki IQ lebih tinggi ketika menginjak usia tiga tahun serta berkembang menjadi individu yang mampu memecahkan persoalan dengan lebih baik.

  1. Berani Mengambil Resiko

Saat mengasuh anak ibu cenderung lebih khawatir dengan keselamatan anak. Berbeda dengan ayah yang berusaha mendorong anak untuk berani mengambil resiko. Itu disebabkan oleh faktor saat bermain dengan anak, ayah akan berusaha mendorong anak untuk mampu mengatasi hambatan dan berbicara dengan orang asing. Contohnya adalah saat berenang, ayah akan menyemangati anak untuk bisa menyelam lebih dalam.

  1. Pandai Bergaul

Seorang bayi yang memiliki bonding yang baik dengan ayahnya selama 3 bulan pertama kehidupannya, sudah terbukti saat duduk di bangku sekolah akan menjadi anak yang pandai bergaul, populer di kalangan teman-temannya, bahkan cenderung tidak akan membuat masalah. Begitu pula saat anak dewasa dan bekerja, mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang bahagia.

  1. Lebih Disiplin

Ayah merupakan sosok yang tegas di dalam keluarga. Oleh karena itu saat mengasuh anak, ayah akan berusaha membuat anak disiplin dengan cara yang lebih tegas, dan berbeda dengan ibu.

  1. Berani Mencoba Hal Baru

Saat bermain dengan anak, ayah tidak hanya sekedar menghibur anak. Tetapi ayah juga akan mengajak anak untuk berani berinteraksi dengan dunia di sekitarnya berikut dengan orang-orang disekitarnya. Ayah juga mendorong anak untuk dapat mengeksplorasi kekuatannya sendiri dan berani mencoba hal-hal baru, tentunya tetap dalam pengawasannya.

  1. Lebih Toleran dan Pengertian

Anak perempuan yang memiliki hubungan dekat dengan ayahnya akan memiliki kenyamanan diri yang lebih tinggi dan lebih sedikit merasa depresi. Sedangkan untuk anak laki-laki yang diasuh dengan keterlibatan ayah akan lebih mengenal dunia pria jauh lebih mendalam. Anak akan lebih sedikit merasa agresif, impulsif, dan tidak egois. Sehingga saat dewasa kelak, anak-anak akan menjadi orang yang lebih toleran dan pengertian.

Pentingnya Mengasuh Anak Oleh Ayah

Harus Anda ketahui bahwa peran dari seorang ayah sangat penting untuk tumbuh kembang anak sampai anak dewasa nanto. Apalagi di jaman sekarang ini baik ayah atau pun ibu yang pasti memiliki peranan yang sama pentingnya di dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak supaya optimal. Dan harus dihilangkan anggapan bahwa sosok ayah cukup mencari nafkah di luar, dan sosok ibu mendidik serta mengajar anak di dalam.

Apabila anggapan seperti itu sampai saat ini masih terus diterapkan, maka tidak heran bila seorang anak akan kehilangan figur dari sosok ayah. Mengapa demikian? Karena belum banyak yang paham bahwa peran seorang ayah dalam kehidupan anak sangat berarti, terutama untuk membangun kecerdasan emosional, meningkatkan kemampuan untuk berkomunikasi, bahkan memberikan motivasi anak di kemudian hari.

Apabila seorang anak tidak dapat merasakan peran dari seorang ayah maka dia akan merasa kesulitan untuk melakukan adaptasi baik di sekolah, lingkungan sosial ataupun dalam perubahan yang lain.

Berikut adalah hasil riset yang menunjukan bahwa seorang anak yang tanpa peran ayah:

  • Sebanyak 63 % anak akan mengalami masalah psikologis seperti: perasaan gelisah, mood swing, fobia, bahkan depresi.
  • Sebanyak 56 % lebih memiliki daya tangkap di bawah rata-rata.
  • Sebanyak 43 % anak menjadi sangat agresif terhadap orang tua.

Bentuk Perhatian Yang Harus Diterapkan Ayah Pada Anak

Menurut Agustina, M.Psi. pakar psikologi dari PBKP Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara, mengatakan bahwa ada banyak sekali perbedaan antara ayah pada zaman dulu dengan ayah pada zaman sekarang dalam mengasuh anak. Terutama bila dilihat dari segi waktu. Namun yang lebih tampak perbedaan antara ayah zaman dulu dengan ayah zaman sekarang adalah adanya peningkatan dalam hal pendidikan. Dan kesimpulannya adalah ayah pada zaman sekarang ini hampir semuanya memiliki pendidikan yang relatif tinggi, sehingga seorang ayah memiliki cara tersendiri untuk ikut andil dalam memberikan pendidikan untuk anak-anaknya. Dengan kata lain anak akan merasa nyaman dan mampu menjadi sosok anak yang memiliki dua figur sekaligus, yakni dari seorang ibu dan juga sosok seorang ayah.

Mendapatkan tugas menjadi ayah memang bukan perkara yang mudah, karena Anda memiliki tanggung jawab yang berat. Tidak hanya menafkahi keluarga, tetapi Anda juga memiliki peranan yang amat penting dalam mendidik anak-anak. Berikut ini adalah bentuk perhatian yang dapat Anda terapkan pada anak-anak.

  • Selalu mengusahakan untuk meluangkan waktu minimal 15-30 menit setiap harinya untuk bermain dengan anak-anak setelah pulang kerja
  • Selalu usahakan untuk menanyakan hal kecil mengenai kegiatan anak-anak setelah seharian beraktivitas dengan tutur kata yang lembut
  • Luangkan waktu untuk mendapatkan momen makan bersama-sama anak, dan melakukan doa bersama
  • Harus pandai menampakkan kekompakan dalam mendidik, bermain, dan mengajar anak bersama istri
  • Menikmati liburan bersama keluarga, tinggalkan segala urusan pekerjaan untuk menemani anak bermain di tempat piknik.

Demikianlah informasi menarik mengenai pentingnya mengasuh anak oleh ayah yang dapat Anda jadikan referensi. Semoga bermanfaat dan membantu Anda untuk selalu menjadi orang tua yang positif.

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *