Pengertian Parenting dan Pengasuhan, Penting Bagi Orang Tua

Pengertian Parenting dan Pengasuhan, Penting Bagi Orang Tua

Pengertian Parenting dan Pengasuhan, Penting Bagi Orang Tua – Kata parenting sering orang tua baca dan dengar dalam kehidupan sehari-hari! Kata ini diidentikkan dengan pengasuhan. Namun, beberapa orang menyebutnya dengan konteks yang berbeda. Oleh karena itu, sebelum mempelajari lebih jauh, sebaiknya Ayah dan Bunda mengenal pengertian parenting dan pengasuhan.

Pengertian Parenting dan Pengasuhan

Ada seminar parenting, sekolah atau kursus parenting, buku parenting, dan lain-lain. Jika dilihat dari katanya, parenting merupakan serapan dari bahasa Inggris. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata tersebut tidak ada.

Parenting jika dijadikan bahasa Indonesia menjadi pengasuhan. Kata ini yang ada dalam KBBI. Merupakan kata dasar asuh yang mendapat imbuhan pe.

Dengan demikian, parenting atau pengasuhan artinya memimpin, mengelola, dan membimbing, atau semua kegiatan yang berhubungan dengan mengasuh.

Dalam hal ini, tentu saja yang dimaksud adalah mengasuh anak.

Jadi, secara istilah pengasuhan merupakan kegiatan mengasuh anak yang meliputi mendidik, memelihata, memberi sandang dan pangan, dan memastikan segala sesuatu yang berhubungan dengan anak berjalan baik sejak dilahirkan sampai dewasa.

Bagaimana pengertian parenting dan pengasuhan menurut para ahli atau lainnya? Simak berikut ini!

  1. Pengertian Parenting Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia

Pengasuhan adalah proses interaksi antara orang tua dan anak. Proses tersebut dilakukan untuk mendukung perkembangan fisik, emosi, sosial, intelektuan, dan spiritual sejak anak dalam kandungan sampai dewasa.

  1. Pengertian Parenting Menurut Kamus Oxford

Kamus Oxford adalah kamus yang mendunia. Di sini dikemukakan bahwa “parenting is the ativity of bringin up a child as a parent”. Jika diartikan dalam bahasa Indonesa, pengertian tersebut menjadi, pengasuhan adalah proses membesarkan yang dilakukan oleh orang tua.

  1. Pengertian Parenting Menurut Kamus Merriam-Webster

Dalam kamus ini, pengertian parenting dijelaskan dengan lebih terperinci.

Parenting dalam kamus ini dibagi menajdi tiga pengertian, yaitu:

  • The raising of a child by its parents, yaitu membesarkan anak yang dilakukan oleh orang tua. Penekanan pada kata orang tua, artinya parenting tidak dapat dilakukan oleh lembaga lain.
  • The act or process of becoming a parent, yaitu proses dalam menjadi orang tua. Ini berhubungan dengan kesiapan seseorang menjadi orang tua saat anak akan lahir atau telah lahir. Setiap anak mempunyai karakter yang unik. Meski banyak seminar dan pendidikan parenting, tidak dapat diterapkan sama persis terhadap anak. Proses belajar menjadi orang tua berlaku seumur hidup.
  • The taking care of someone in the manner of a parent, yaitu proses merawat seseorang yang dilakukan dengan cara sebagai orangtua. Pengertian yang merupakan perluasan arti orang tua. Tidak harus orang tua yang melahirkan tetapi siapa saja atau lembaga yang peduli dapat melakukannya.
  1. Pengertian Parenting menurut Encyclopedia of Psychology, APA

Encyclopedia of Psychology menyebutkan bahwa parenting adalah cara yang dilakukan di seluruh dunia dalam hubungan antara orang tua dan anak. Dalam ensiklopedia ini secara lengkap menuliskan pula tujuan parenting.

Tujuan tersebut, yaitu:

  • Memastikan kesehatan dan keselamatan anak-anak yang berada di bawah asuhan
  • Mempersiapkan anak-anak untuk hidup sebagai orang dewasa yang produktif dan mandiri
  • Menurunkan nilai-nilai budaya yang diyakini oleh orang tua agar tidak hilang ditelan zaman.

Keberhasilan parenting atau pengasuhan ini ditentukan oleh kualitas hubungan antara orang tua dan anak.

  1. Pengertian Parenting Menurut Masud Hoghughi

Masud Hoghughi adalah seorang direktur dari Aycliffe Centre for Children, County Durham Dan menyandang gelar sebagai anggota kehormatan sebagai Professor fakultas Psychology, University of Hull, Amerika.

Menurut Masud, pengasuhan merupakan hubungan antara orang tua dan anak yang dilihat dari berbagai sisi dan terus berkembang.

Tujuan hubungan orang tua dan anak dalam berbagai aktivitas menurut Masud, mempunyai tujuan utama perkembangan anak secara optimal agar kelak dapat mandiri dan dapat bertahan hidup dengan baik.

Agar tujuan tercapai, pengasukan harus meliputi fisik, emosi, dan sosial dengan 3 kunci:

  • Memenuhi kebutuhan anak secara fisik, melindungi, dan menghindarinya dari berbagai potensi bahaya, kecelakaan, dan pelecehan.
  • Memberikan atura yang terkontrol dengan baik dalam pelaksanaannya.
  • Mendukung anak agar mereka dapat menoptimalkan potensi yang ada pada dirinya.
  1. Pengertian Parenting Menurut Hatta Syamsuddin

Hatta Syamsudin adalan pengajar Pesantren Mahasiswa Arroyan, penulis buku Muhammad SAW The Inspiring Romance, dan inspirasi utama dari materi Tarbiyatul Aulad (Pendidikan Anak).

Hatta mendefinisikan pengasuhan sesuai tujuan, yaitu:

  • Menjadikan anak sebagai qurrota ‘ayun atau penyejuk mata dan hati orang tua dan menjadikannya pemimpik di masyarakatnya.
  • Menjadikan anak sebagai imaman lil muttaqin, yaitu generasi penerus yang mandiri dan mempunyai kemampuan memimpin sehingga mempunyai skill yang dibutuhkan pada zamanny

Pentingnya Orang Tua Mengetahui Parenting yang Baik

Di atas telah diuraikan secera singkat pengertian parenting dan pengasuhan menurut beberapa ahli. Ungkapan definisi yang juga disertai tujuannya,.

Tidak dapat dipungkiri bahwa parenting yang baik penting, mengingat manfaatnya yang sangat besar. Manfaat tersebut, antar lain:

  1. Menjadikan Anda orang tua yang lebih baik. Di dalam ilmu parenting Anda akan mengetahui bahwa menjadi orang tua tidak hanya memberi makan dan memeprhatikan kebutuhan fisik saja.
  2. Keluarga lebih bahagia karena Anda lebih memahami bahwa karakter orang berbeda-beda meski berasal dari keturunan yang sama.
  3. Membuat Anda orang tua yang lebih memahami dan mengenal baik dan buruk secara logis.

Misalnya, mencarikan anak balita PAUD tidak lagi terpaku kepada pembelajaran calistung tetapi lebih pada kebutuhannya akan sosialisasi.

  1. Permasalahan keluarga diselesaikan jauh lebih baik karena pada dasarnya Anda sudah dapat menyelesaikan masalah anak. Masalah yang paling sering mengganggu keluarga dibandingkan pasangan.
  2. Bekal ilmu menjadi lebih banyak dan kamu lebih update dengan situasi dan kondisi zaman terbaru. Ini diperlukan mengingat anak hidup di zaman yang berbeda dengan orang tua.

Jenis Parenting

Pada dasarnya tidak semua pengasuhan baik. Beberapa orang tua membawanya dari pengalaman masa kecil. Anda harus mengetahui jenisnya untuk menghilangkan hal-hal yang buruk dan membuat pola pengasuhan terbaik.

Jenis-jenis parenting, yaitu:

  1. Authoritarian Parenting atau Pengasuhan Bergaya Otoriter

Sesuai dengan namanya, jenis parenting ini adalah orang tua yang berleku otoriter kepada anak dan semuanya harus dituriti oleh anak.

Anak yang kembang dengan orang tua bergaya pengasuhan akan cenderung lebih pasif. Mereka akan merasa bahwa semua pendapat dan tingkah lakunya tidak berarti.

  1. Authorritative Parenting

Parenting gaya pengasuhan ini merupakan tipe yang paling ideal. Orang tua tidak terlalu memaksakan kehendak tetapi juga tidak terlalu memberi kebebasan.

Anak yang dibesarkan dengan gaya pengasuhan ini akan lebih percaya diri dan dapat lebih mudah menyampaikan opininya kepada orang lain.

  1. Indulgent atau Permissive Parenting

Parenting gaya terakhir ini merupakan kebalikan dari gaya pengasuhan otoriter. Di sini orang tua memberikan peluang anak sebebas-bebasnya untuk melakukan apapun.

Dengan gaya pengasuhan yang permissive, anak memang akan percaya diri. Namun, anak yang dituruti segala kemauannya akan cenderung manja dan tidak mandiri.

Demikian uraian tentang pengertian parenting dan pengasuhan. Semoga artikel Pengertian Parenting dan Pengasuhan, Penting Bagi Orang Tua ini bermanfaat dan menginspirasi Anda menjadi orang tua yang lebih baik.

Baca juga:

Silahkan di follow akun Instagram Papa Zaid : @Fey777

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *